Jumat, 14 September 2012

Madu Baik Bagi Kesehatan

Madu juga telah lama diyakini baik bagi kesehatan dan memiliki khasiat pengobatan. Madu digunakan untuk menyembuhkan luka dan menjadi tambahan dalam berbagai minuman seperti teh ketika kena flu dan demam.

Berbagai penelitian banyak dilakukan untuk menemukan bukti tersebut. Salah satu diantaranya adalah Penelitian ahli gizi Universitas California menemukan madu dapat meningkatkan tingkat antioksidan setelah seseorang minum beberapa sendok makan madu setiap hari.

Dengan bantuan dari National Honey Board, peneliti nutrisi Heidrun B. Gross dan para peneliti lain di Amerika mencoba menganalisis efek madu pada antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya lingkungan seperti asap rokok dan kimia.

Dalam penelitian tersebut, Gross beserta rekan melibatkan 25 orang yang diminta untuk minum madu antara empat sampai 10 sendok setiap hari selama satu bulan.

Hasil penelitian menunjukan tingkat antioksidan mengalami peningkatan pada mereka yang minum madu. Para ahli yakin hal ini terjadi karena antioksidan menghalangi jenis kerusakan sel tertentu yang disebabkan oleh sebuah molekul yang disebut radikal bebas. Makanan yang kaya antioksidan membantu menghancurkan radikal bebas termasuk mengurangi resiko penyakit seperti kanker, penyakit jantung dan stroke.

Ahli madu lain, Nicki J. Engeseth, dari Univesitas Illinois dalam penelitian mengenai madu dan antioksidan setuju bahwa madu adalah minuman sehat bahkan menurutnya madu 80 persen lebih sehat dari gula. Namun demikian madu tidak cocok bagi bayi yang kurang dari 12 bulan dan sebaiknya bayi dibawah umur 12 bulan tidak diberi madu karena belum mampu mencerna madu dengan baik. (Republika, 19 Jul 2004 11:05:28)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar