Minggu, 27 Oktober 2013

Bee Pollen dan Kandungannya

Bee pollen merupakan salahsatu zat yang dikumpulkan oleh lebah. Bee Pollen atau tepung sari bunga adalah serbuk sari bunga jantan yang dikumpulkan oleh lebah untuk makanan pokok lebah. Pada saat hinggap di bunga, lebah tidak hanya mengumpulkan nektar (bakal madu) tetapi juga pollen (serbuk sari) bunga. Pollen dan nektar bersama dengan liur lebah yang mengandung enzim, disimpan dikaki pollen yang terletak di kedua kaki belakangnya. Sungguh menakjubkan cara kerja lebah. Sekali kerja mahluk hidup ini membawa berbagai zat makanan yang sangat berguna bagi manusia.

Ada beberapa kandungan zat gizi dalam bee polen, diantaranya; Anti oksidan, enzim dan co-enzim yang penting bagi manusia, karbohidaratdan asam lemak, mengandung sejumlah mineral penting termasuk kalsium, mangan, phosphor, zat besi, potassium, alumunium, magnesium dan tembaga, mengandung asam amino essensial dan mengandung vitamin dengan spectrum lengkap terutama vitamin B12 dan E. Dengan begitu banyaknya kandungan yang ada didalamnya maka bee pollen dianggap dapat memelihara kondisi stamina seseorang dan mengobati beberapa macam penyakit.

Beberapa manfaat bee pollen; meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menyembuhkan luka selepas operasi, mengatasi nyeri haid, membantu mengobati diabetes, menghaluskan kulit dan memperlambat penuaan, mengobati gangguan pencernaan seperti tukak lambung, mengobati sakit asma, menghilangkan rasa letih yang berkepanjangan, penambahan gizi bagi ibu hamil dan menyusui, menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah, mengurangi alergi, serta meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar