Kamis, 24 Oktober 2013

Manfaat Royal Jelly

Banyak orang tidak mengerti apa itu Royal Jelly. Apakah sama dengan madu. Lebih berkhasiat mana antaran Royal Jelly dengan Propolis. Itulah sekelumit tanya yang masih tertanam dibenak masyarakat.

Royal Jelly adalah bahan makanan alami yang dihasilkan oleh lebah  pekerja muda yang mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi. Didalam sarang lebah, royal jelly dipakai untuk memberikan makanan kepada seluruh larva yang ada didalam sarang lebah selama 3-5 hari saja. Selanjutnya hanya larva yang akan menjadi Ratu saja yang diberikan makanan royal jelly sepanjang hidupnya. Sedangkan lebah lainnya diberikan makanan berupa madu dan pollen. Efeknya menyebabkan Ratu Lebah berusia lebih panjang dibandingkan lebah pada umumnya. Usia ratu lebah bisa mencapai  5 sampai dengan 7 tahun sedangkan lebah lainnya hanya berumur 7 sampai dengan 8 minggu.

Dengan konsumsi yang berbeda ini pula, Ratu Lebah mempunyai ukuran badan yang jauh lebih besar (40% lebih besar) dan lebih berat (60% lebih berat) dari lebah biasa. Ratu lebah mempunyai kemampuan bertelur  dalam jumlah yang dapat melebihi berat badannya setiap hari. Itulah kehebatan lain mahluk ciptaan Allah SWT ini dalam hal reproduksi.

Royal jelly yang dipanen oleh petani sangat gampang rusak jika terpapar panas. Oleh karena itu harus disimpan dalam keadaan beku (frozen). Cara lain mengawetkan royal jelly adalah dengan mencampurkannya dengan madu.

Beberapa manfaat royal jelly, diantaranya; meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesuburan suami istri, memperlancar fungsi ginjal, membantu menyembuhkan luka selepas operasi, menyembuhkan lemah syaraf, radang liver dan lambung, menghilangkan rasa letih yang berkepanjangan, memperbaiki dan meremajakan sel tubuh yang rusak, merancang kecerdasan fungsi otak, membantu mengobati diabetes, menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah, mengurangi alergi, serta mengobati radang sendi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar